Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah biasanya dapat mempengaruhi pandangan orang terhadap kita. Oleh karena itu, perawatan pada wajah perlu untuk dilakukan. Tahukah kamu dengan tipe kulit wajahmu? Terdapat banyak jenis, tekstuk dan tingkat sensitivitas yang berbeda pada kulit wajah. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menggunakan produk perawatan dengan sembarangan. Penggunaan produk perawatan yang sembarangan akan memberikan dampak buruk terhadap kulit wajahmu. Tentunya kamu tidak ingin mengambil resiko kulit wajahmu semakin rusak karena gegabah dalam memilih produk, kan? Kamu harus berhati-hati dalam memilih produk pembersih wajah.

Salah satu tipe kulit wajah adalah berminyak. Kamu bisa chat dokter sekarang jika kamu belum mengetahui tipe kulitmu. Mengetahui tipe kulit sangat penting agar kamu tidak salah dalam memilih produk perawatan wajah. Untuk tipe kulit berminyak, sebenarnya minyak yang terdapat pada kulit wajah sebenarnya memiliki fungsi sebagai pelindung kulit. Akan tetapi, jika terlalu banyak akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat. Kamu perlu menjaga kebersihan kulit wajah ketika jenis kulit wajahmu berminyak.

Sebelum mengetahui cara mengatasi wajah berminyak, kamu perlu untuk tahu apa penyebab dari produksi minyak berlebih pada wajah. Produksi minyak berlebih dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti genetik atau keturunan, stres dan perubahan hormon. Kamu juga harus tahu bahwa makanan juga berpengaruh terhadap produksi minyak pada wajah. Makanan yang perlu kamu hindari jika memiliki tipe kulit berminyak adalah produk dengan indeks glikemik yang tinggi seperti sereal yang manis, pasta, nasi putih, kentang, kudapan, roti, sereal instan, dan produk susu seperti keju, yogurt dan keju.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam merawat kulit wajah yang berminyak. Apa sajakah itu?

  1. Rutin mencuci wajah

Dengan mencuci muka secara teratur, kamu dapat menjaga agar minyak tidak terlalu banyak menumpuk pada kulit wajah dan tidak menyebabkan jerawat atau penyakit kulit lainnya. Kamu dapat membersihkan wajah dengan air hangat karena air hangat dapat mengangkat minyak lebih baik dari air suhu normal. Kamu juga dapat menggunakan sabun khusus kulit berminyak dan menghindari sabun pencuci wajah dengan pelembab, pewani atau zat keras lainnya yang dapat membuat kulit lebih berminyak. Cucilah wajah minimal tiga sampai lima kali dalam sehari. Jika rasanya minyak sudah terlalu menumpuk, jangan tunggu lebih lama lagi dan segera mencuci wajahmu. Kamu dapat memilih sabun antibakteri yang diformulasikan dengan benzoil peroksida atau triclosan. Kamu juga dapat menggunakan produk pembersih dengan kandungan asam alpha-hidroxy (AHA) untuk membantu dalam mengelupaskan sel kulit pata dan mengurangi minyak pada pori-pori wajah.

  • Menggunakan kertas minyak

Jika kamu tidak sempat mencuci wajah, atau sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk mencuci wajah, kamu dapat menggunakan kertas minyak. Kertas minyak khusus dibuat untuk menyerap minyak pada kulit wajah. Kertas ini tidak akan mengobati produksi sebum pada kulit dan hanya membantu membuat kulit wajah tidak tampak mengkilap karena produksi minyak yang berlebihan.

  • Menggunakan masker

Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit wajah berminyak, kamu dapat melakukan perawatan kulit menggunakan masker. Terdapat beberapa bahan yang dapat kamu gunakan, di antaranya adalah oatmeal yang dapat mengurangi peradangan dan menyerap minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati. Kacang almond juga dapat dijadikan masker karena almond dapat mengangkat sel kulit mati dan menyerap kotoran dan minyak berlebih.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui tentang mengatasi kulit berminyak.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>